Senin, 26 Mei 2008

DARI SUMPAH ALLAH

oleh: Asrarulhaq Dt. Kari
Teras, Sumpah (qasam) jama’ dari fi’il aqsama dita’addikan dengan ba kepada muqsim yaitu sesuatu didatangkan untuk bersumpah lalu di datangkan kepada almuqsim ‘alaih yaitu sesuatu yang karena sumpah diucapkan. Ini dinamakan jawab qasam (Manna’ Khalil al-Qaththan:1993:290)

“dan mereka bersumpah dengan (nama) Allah dengan sumpah yang sungguh-sungguh,”…..QS.

Berbagai macam sumpah :

Sumpah Allah : Allah bersumpah merupakan makna-makna bagi manusia, alam bisa tunduk kepada Allah kenapa manusia yang sudah dikaruniai akal fikiran masih belum mau untuk tunduk dan patuh pada Allah. Ketika Allah bersumpah dengan diri-Nya maka sumpah ini juga untuk manusia. Muqsambih: sandaran sumpah(objek sumpah) maka yang bersumpah itu manusia maka sandarannya itu adalah Allah. Boleh dengan menggunakan salah satu dari al asma ul-husna. Karena muqsambih itu sesuatu yang agung. Dalam Islam tidak ada yang agung kecuali Allah.
Ultimatum Nabi : ”Siapa yang bersumpah dengan selain Allah maka ia musyrik“
Karenanya seseorang bersumpah. Allah bersumpah: demi masa maka (muqsam ’alaihnya) adalah sesungguhnya manusia dalam merugi

Sumpah orang tua terhadap anak (lebih tepat disebut dengan kutukan), dalam sebuah legenda di Sumatera Barat sebut saja Malin Kundang anak durhaka, yang dikutuk oleh orang tuanya hingga menjadi batu. Cerita ini hanya viktif belaka, namun kita dapat mengambil hikmahnya tapi jangan diyakini karena akan menjatuhkan seseorang kelembah kemusyrikan.

Sumpah palsu: Efek sumpah secara psikologis, Ketika sesorang yang berbohong akan memberi dampak psikologis bagi sipembohong itu sendiri, dan Allah akan mencap seorang pembohong sebagai seorang yang tidak jujur di hadapan Allah. Sumpah tidak dengan hati, manusia tidak terlepas dengan godaan-godaan sejauhmana manusia taat kepada sumpah yang dijalani.

Sumpah serapah: petualangan seorang pendekar dalam cerita-cerita komik, disaat banyak berhadapan dengan moesuh-moesuh, selalu diucapkan sumpah-sumpah serapah demi mempertahankan harga diri sebagai seorang pendekar persilatan yang memiliki sebuah perguruan. Walaupun pada akhirnya mengalami kematian (ujuang cerita). Sebagai lakon (pendekar-red) pembela kebenaran dalam episode-keepisode tidak pernah takut dengan sumpah serapah, dia selalu menang dan selalu menaklukkan lawan-lawannya.

Sumpah jabatan: Setiap menobatkan secara resmi seseorang untuk memangku suatu jabatan (Amanah) secara hukum harus diambil sumpah jabatan agar dapat menjalankan tugas-tugas yang diembann sesuai menurut koridor hukum yang berlaku, kelengkapan administrasi sampai penanda-tanganan naskah / keptusan serta pernyataan kesediaan secara tertulis dan lisan, maka dilangsungkan pengambilan sumpah oleh pejabat yang berwenang. Tidak sedikit pejabat yang diambil sumpahnya di dunia tanpa dosa, tapi yakinlah bahwa dibalik sumpah yang dilakukan tidak luput dari penglihatan dan pendengaran Allah SWT sebagai tempat mempertanggungjawabkan segala apa yang telah dilakukan.
Sumpah pocong : Tidak ada dalam Islam, sumpah pocong pernah dipercayai didaerah Jawa,…

Sumpah Pemuda : gelombang perjuangan generasi muda di tanah air ini, telah memberikan kontribusi besar dalam merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kemerdekaan yang diperoleh dengan berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa sebagaimana tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. dalam rentetan sejarah kaum muda pada awalnya diuji untuk mampu sebagai perekat persatuan dan kesatuan antar susku-suku bangsa di Nusantara. Walaupun menemui proses panjang yang penuh perdebatan dikalangan anak muda yang tergabung dalam organisasi Jong Islamieten Bond (JIB) serperti, Perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java (JJ), Pemuda Sumatera (JSB), Pemuda Indonesia, Jong Batak, Sekar Roekoen, dan Pemuda Betawi. Keberadaan organisasi kepemudaan di Tanah Air telah memberikan pendidikan terhadap anak-anak bangsa sebagai wujud pemuda pengabdian kepada bangsa , satu nusa dan satu bahasa. Akhirnya sumpah pemuda tersebut dirumuskan sebagai berikut dalam kongres kedua secara aklamasi:

Kami poetra dan poetry Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
Kami Poetra dan Poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia
kami poetra dan poetri Indonesia mendjoen-djoeng bahasa persatoen, bahasa Indonesia.


SUMPAH NABI MUSA DENGAN UMATNYA MENJADI KERA (KUTUKAN) DOA NABI MUSA
Apakah Allah perlu bersumpah? Pertanyaan seorang mahasiswa pascasarjana dalam diskusi mata kuliah Ulumul Qur’an

Bersumpah dengan perkataan dan hati
Bersumpah dengan bibir tapi tidak diiringi dengan hati

ALLAH BERSUMPAH DENGAN DIRINYA, MANUSIA BERSUMPAH DENGAN ALLAH. ALLAH BERSUMPAH DENGAN MAKLUKNYA ADALAH MEMBERIKAN PELAJARAN KEPADA MANUSIA.BAHWA PADA DASARNYA ALLAH BERSUMPAH DENGAN MAKHLUKNYA SECARA LAHIR TAPI PADA HAKIKATNYA ADALAH BERSUMPAH DENGAN DIRINYA. WALLAILI (WARABBILLAILI) DAN LAIN-LAIN.
KALAMU IFTIDAK : TIDAK DITAKKID. KALAU DIBERI TAKKID TIDAK ADA GUNANYA
LIL MUTARAKKIDUN: PENDENGARNYA TERSEBUT RAGU-RAGU. APA YANG DISAMPAIKAN TERSEBUT KEMUDIAN DIANALISIS SEHINGGA MENIMBULKAN KERAGU-RAGUAN KARENA TIDAK SESUAI DENGAN POLA PIKIRNYA.BERMAIN-MAIN DENGAN SUMPAH AKAN MENIMBULKAN KONSEKWENSINYA (BILAIMAN).

4 komentar:

Admin mengatakan...

foto gak diedit?

Admin mengatakan...

header blognya gak diganti dengan gambar sendiri? coba-coba moga berhasil. ini saya juga ada blog baru di http://pai-smpn21padang.blogspot.com.

Angelo mengatakan...

Assalamualaikum.....tulisan-tulisannya sangat bagus pak, blog yang sangat bagus kaya akan ilmu dan menebar manfaat :)
Sukses buat anda pak

Wassalam

Anonim mengatakan...

Online Baccarat 2021 | Find the Best Odds & Baccarat Sites
Bet365 Bonus, Bonus งานออนไลน์ Review & Free Baccarat Site. As the worrione name implies, online baccarat offers the best overall experience for players from all over the 바카라 사이트 world. The